Jumat, 22 Mei 2015

Puisi: Hujan

"ini juga merupakan puisi karya aku, yg aku buat sekitar februari 2013"




hujan jatuh bebas dari langit

begitu bebasnya hingga terasa begitu menenangkan
hujan jatuh bebas tepat di seluruh tubuhku
begitu bebas hingga membuatku tenang
hujan mungkin merasakan apa yang kurasakan
dan aku menyukainya karena itu
hujan bisa menghapus jejak
jejak butir-butir air mataku
hujan begitu membuat ku tenang
membuatku tak merasa sendirian
membuatku merasa memiliki teman
aku juga menyukai hujan karena hujan itu sejuk
sejuk ketika jatuh membasahi aku
sejuk ketika perlahan-lahan jatuh membasahi dedaunan
kenapa aku begitu menyukai hujan?
mungkin karena hujan jatuh begitu bebas
jatuh bebas tanpa beban

                        aku ingin seperti hujan
                        yang tak pernah berhenti memberi manfaat
                        manfaat kepada siapapun dan apapun
                        yang tak pernah berhenti menjalani setiap peran
                        peran ketika jatuh dari langit kebumi
                        peran ketika diam-diam berjalan didalam tanah
                        peran ketika sampai pada tempat ia bukan lagi butir-butir air
                        yah, ketika dia sampai pada laut ia bukan lagi sekedar butir air
                        peran ketika ia menguap kembali ke langit
                        menjadi gumpalan awan putih yang indah
                        dan kemudian siap kembali turun kebumi

turun kembali membasahi bumi
kembali menemani hati yang sunyi dan sepi
dan apakah hujan pernah mengeluh?
ketika melalui siklus yang begitu panjang dan memakan waktu?
tidak, hujan tidak pernah mengeluh
ia menyukai setiap peran yang Tuhan berikan padanya
dan aku ingin seperti hujan
tak pernah mengeluh dengan peran yang Tuhan berikan
karena aku menyukai hujan
dan aku juga harus belajar menjadi seperti hujan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar